Workshop e-Learning, Dosen Untan Antusias Berlatih MOODLE

Pontianak, Fisipnews. Workshop e-Learning, Dosen Untan terlihat antusias berlatih MOODLE sebagai sistem yang menjawab kebutuhan pembelajaran di era informasi.  Workshop e-Learning Dosen Universitas Tanjungpura yang diselenggarakan selama 4 hari di gedung GDLN Untan, sejak Senin hingga Kamis 18 sampai 21 Juli 2016.

[masterslider id=”38″]

Workshop e-Learning, Dosen Untan Antusias Berlatih MOODLE

MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) adalah platform open source learning management system (LMS) yang mengusung prinsip-prinsip social construction pedagogy, standar edukasi kampus “berkelas dunia”, digunakan lebih dari 70 ribu komunitas terdaftar, di 222 wilayah di lebih dari 30 negara termasuk Indonesia. Berkat LMS standar Moodle ini para dosen semakin mudah untuk mengintegrasikan berbagai sumber, proses dan hasil belajar, pada laman portal kuliah daring berikut kelengkapan fiturnya.

Workshop e-Learning ini penting didukung semua pihak, utamanya komunitas dosen sebagai penggerak pembelajaran non konvensional di Untan. Sedangkan institusi dapat berperan di dalam mendorong dan memfasilitasi kebutuhan pengguna e-Learning, termasuk pelatihan dan pendampingan teknis.

Sementara itu, Antusiasme peserta tercermin hampir di sepanjang sesi pelatihan. Peserta terlibat aktif dalam interaksi bersama pemateri, tim teknis. Suasana kelas pelatihan demikian cair dan akrab, jauh dari kesan formal, namun peserta terlihat fokus dan aktif.

Banyak pula dari  Peserta dosen sering bertanya hal-hal spesifik dan teknis terkait penggunaan sistem ini, serta merespon langsung jawaban pemateri dengan mengerjakannya diperangkat laptop masing-masing.

Berita terkait:

E Learning Moodle Menjawab Kebutuhan Dosen dan Mahasiswa Untan

Intensitas pelatihan cukup tinggi dengan materi yang padat, sehingga banyak peserta yang merasa sesi pelatihan ini belum cukup bagi mereka untuk diadaptasi. Namun sebagai tahap pengenalan dan memicu keinginan untuk menggunakan, dianggap oleh banyak peserta sudah memadai.

Workshop e-Learning ini bertujuan memperkuat komunitas dosen e-learning, meningkatkan pemanfaatan sistem melalui aktivitas dan learning object masing-masing dosen, serta meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dosen dalam pembelajaran elektronis.

Dari tujuan workshop itu, diharapkan tercapai target konten yang sesuai standar learning object, minimal 100 konten lokal pada semester gazal 2016/2017, dengan 10% dosen pionir e-Learning yang memperkuat komunitas Untan.

Baca juga:

Antusiasme Dosen Untan Berlatih MOODLE

Topik materi pelatihan yang disampaikan cukup banyak, beragam dan spesifik mulai dari konsep e-Learning, akses ke portal, mengelola laman courses, mengenali navigasi, membedah administrasi situs, mengaktifkan fitur sumber daya dan aktifitas, dan mengatur detail setiap fitur.

Fitur-fitur yang dilatih mencakup (lesson, page, glosari, book, link, file, folder, assignment, quiz, forum, chatting, dsb), meng-embed video/image, membuat soal quiz, evaluasi grade dan report, simulasi learning object, hingga memproduksi konten learning animasi video scribe.

(rilis/Dd)