Profil Prodi Kesekretariatan

Status Prodi Aktif
Perguruan Tinggi Universitas Tanjungpura
Kode Program Studi 63412
Nama Program Studi Kesekretariatan
Jenjang D3
Akreditasi Baik
Tanggal Berdiri 30 Juni 1998
SK Penyelenggaraan 208/Dikti/Kep/1998
Tanggal SK
Rasio Dosen : Mahasiswa 2017/2018 1 : 8.00
Rasio Dosen : Mahasiswa 2018/2019 1 : 7.24

Ketua Prodi : Drs.Sugino, M.Si

Dosen Home Base

Jumlah Mahasiswa Baru

Nama Prodi 2022 2021 2020 2019 2018
Ilmu Administrasi Publik S2 68 107 114 137 136
Ilmu Politik S2 12 21 10 7 13
Sosiologi S2 11 9 3 14 48
Administrasi Publik S1 126 163 158 245 214
Antropologi Sosial S1 100 89 87 49 42
Ilmu Hubungan Internasional S1 119 143 105 149 46
Ilmu Komunikasi S1 69 72 55 57 45
Ilmu Pemerintahan S1 136 167 154 147 85
Ilmu Politik S1 150 139 93 153 164
Ilmu Sosiatri S1 105 151 89 118 149
Sosiologi S1 102 156 86 141 153
Administrasi Perkantoran D3 55 44 52 33 45
Kearsipan D3 60 73 65 44 32
Kesekretariatan D3 23 26 27 30 30

Jumlah Mahasiswa Kesekretariatan 2013-2022

No.SemesterJumlah Mahasiswa
1Ganjil 202292
2Genap 2021101
3Ganjil 2021147
4Genap 2020175
5Ganjil 2020220
6Genap 2019177
7Ganjil 2019181
8Genap 2018179
9Ganjil 2018200
10Genap 2017200
11Ganjil 2017193
12Genap 2016165
13Ganjil 2016177
14Genap 2015144
15Ganjil 2015158
16Genap 201487
17Ganjil 2014100
18Genap 2013100
19Ganjil 2013100

Jumlah Lulusan

Nama Prodi 2022 2021 2020 2019 2018
Ilmu Administrasi Publik S2 0 71 136 146 119
Ilmu Politik S2 0 6 5 17 11
Sosiologi S2 0 6 8 46 45
Administrasi Publik S1 28 234 186 218 201
Antropologi Sosial S1 1 30 24 19 15
Ilmu Hubungan Internasional S1 6 39 33 11 10
Ilmu Komunikasi S1 1 44 39 47 27
Ilmu Pemerintahan S1 4 49 66 66 49
Ilmu Politik S1 6 108 94 101 70
Ilmu Sosiatri S1 12 135 88 96 65
Sosiologi S1 3 107 50 82 76
Administrasi Perkantoran D3 12 48 65 77 120
Kearsipan D3 10 53 30 42 75
Kesekretariatan D3 1 23 44 38 64

Kompetensi kerja sangat dibutuhkan dalam lingkungan bisnis yang berubah cepat. Lulusan Prodi Kesekretariatan yang nantinya berpeluang di posisi Junior Administrative Assistant tidak akan lagi hanya dengan melakukan tugas administrasi biasa, seperti melakukan screening untuk setiap telepon yang masuk untuk atasan mereka,  melakukan pengarsipan data / filingscheduling appointments, dan penyusunan korespondensi rutin. Mereka diharuskan menjadi bagian penting pengambil keputusan, a time-manager, dan komunikator yang efektif, dan menjadi pembujuk untuk memberikan dukungan untuk atasan mereka. Mereka juga dituntut menjalankan tugas-tugas administrasi seperti membuat dokumen, lembar kerja dan bahan presentasi melalui pemakaian software yang sesuai, menggunakan internet untuk mencari data. Menerima dan meneruskan informasi dalam ragam bentuk/saluran/perangkat yang masuk kepada yang dituju, menerima dan mengantar tamu, menerima dan meneruskan surat/dokumen kepada yang dituju, pengarsipan dan memasukan data, menggunakan peralatan kantor seperti komputer, printer, write pad, LCD, Scanner, dan lain-lain. Berdasarkan Kepmenaker nomor 183 tahun 2016 tentang Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Jasa Perusahaan Sub Sektor Jasa Perusahaan Lainnya, berikut unit kompetensi prodi Kesekretariatan.

NoKodeNama Unit
1N.821100.001.02Menangani Penerimaan dan Pengiriman Dokumen/Surat
2N.821100.002.02Mengatur Penggandaan dan Pengumpulan Dokumen
3N.821100.003.02Menciptakan Dokumen/Lembar Kerja Sederhana
4N.821100.004.02Memproduksi Dokumen
5N.821100.005.01Menyiapkan Dokumen Bisnis
6N.821100.006.01Membuat Laporan Tertulis
7N.821100.007.02Mencatat Dikte
8N.821100.008.01Membuat Notulen Rapat
9N.821100.009.02Membuat Materi Presentasi
10N.821100.010.02Mempersiapkan Dokumen Perjalanan Dinas
11N.821100.011.01Mengatur Akomodasi dan Transportasi Perjalanan Dinas
12N.821100.011.01Mengatur Akomodasi, Transportasi dan Anggaran Perjalanan Dinas
13N.821100.012.01Mengelola Jadwal Kegiatan Pimpinan
14N.821100.013.02Mengatur Rapat/Pertemuan
15N.821100.014.01Merencanakan Manajemen Administrasi Organisasi
16N.821100.015.01Menetapkan Rencana Manajemen Administrasi Organisasi
17N.821100.016.01Melaksanakan Manajemen Administrasi Organisasi
18N.821100.017.01Monitoring Kinerja Sistem Administrasi
19N.821100.018.01Mengevaluasi Manajemen Administrasi Organisasi
20N.821100.019.01Mengelola Administrasi Proyek
21N.821100.020.01Menerapkan Sistem Pengendalian Intern
22N.821100.021.01Mengelola Tim dan Staf
23N.821100.022.01Memonitor Kinerja Staf
24N.821100.023.01Membina Hubungan dengan Pemangku Kepentingan
25N.821100.024.01Melaksanakan Prinsip-prinsip Supervisi
26N.821100.025.01Menyusun Jadwal Karyawan/Staf
27N.821100.026.01Menganalisis Kebutuhan Kompetensi Jabatan
28N.821100.027.01Mewakili Organisasi
29N.821100.028.02Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi
30N.821100.029.02Melakukan Komunikasi melalui Telepon