Untan Tambah Prodi Baru

PontianakPost (25/02). Untan Tambah Prodi Baru UNIVERSITAS Tanjungpura terus memperbanyak program studinya. Tahun ajaran ini, setelah dipercaya menyelenggarakan dua program doktoral, Untan kembali menambah 9 program studi Strata Satu dan 2 prodi Diploma Tiga. Adapun prodi S1 adalah; Manajemen Sumber Perairan, Ekonomi Islam, Pendidikan PKN, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Pendidikan IPS, Ilmu Hububungan Internasional dan Antropologi Sosial. Sedangkan untuk D3 adalah; Prodi Kearsipan dan Prodi Perpustakaan.

Untan Tambah Prodi Baru

Izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sendiri sudah dikeluarkan. Pendaftaran untuk masuk ke prodi-prodi tersebut akan melalui Seleksi Mandiri Untan. “Untan ingin memperlebar akses pendidikan kepada masyarakat Kalbar. Silahkan masyarakatn untuk merespon. Jika rata-rata satu prodi diisi 50 mahasiswa baru, maka mahasiswa baru kita akan lebih banyak 500-an daripada tahun lalu,” tandas Rektor Untan Thamrin Usman, kemarin (24/2).
Untan tengah gencar membuka prodi-prodi baru. Dalam dua tahun terakhir terdapat 30 prodi baru yang digelar, dari D3 hingga S3. Bulan ini pula Untan dipercaya, untuk menggelar program studi Strata 3. Ilmu Ekonomi dan Ilmu Manajemen. Rencananya, program doktoral pertama di Kalimantan Barat ini akan dimulai pada tahun ajaran baru pertengahan tahun ini. Menurut dia, syarat administrasi untuk pembukaan program doktoral itu sudah terpenuhi, termasuk sumber daya dosen bergelar doktor dan guru besar.
Sementara, tahun lalu Untan membuka 17 prodi baru.  Terakhir adalah Prodi Pendidikan Apoteker, Pendidikan Ners dan S1 Ilmu Komunikasi. Sebelumnya Untan sudah mendapat izin untuk 14 Prodi baru yang terdiri dari programS1 dan magister.
Sebanyak 10 Prodi sarjana terdiri dari berbagai cabang ilmu, yaitu; Geofisika, Ilmu Kelautan, Teknik Perencanaan Wilayah Kota, Ilmu dan Teknologi Pangan, Teknik Pertambangan, Peternakan, Statistika, Teknik Kelautan, Teknik Kimia dan Teknik Mesin. Disamping, itu Untan juga membuka 4 prodi magister baru tahun ini, yaitu groteknologi, Ilmu Kehutanan, Ilmu Lingkungan dan PGSD. Untuk program S2 akan dikelola ujiannya oleh Program Pasca Sarjana Untan.
Jurusan-jurusan tersebut disebutkan Thamrin sebagai jurusan yang tepat untuk Kalbar lantaran potensi sumber daya alam yang dimiliki provinsi in. Selama ini anak-anak Kalbar yang berniat untuk mengambil program studi tersebut harus merantau ke provinsi lain, terutama ke Pulau Jawa. (ars)