Kurikulum Program Studi

Kurikulum Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP Untan

1. Pendahuluan

 

Kurikulum Prodi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura merupakan hasil dari revisi dan penyempurnaan kurikulum tahun 2012. Revisi kurikulum  dilakukan atas dasar kebutuhan dan perkembangan jaman dan tuntutan kebutuhan dari pengguna. Revisi kurikulum dilakukan dengan mengacu pada Indonesia Asosiasi  Publik Administrasi (IAPA) dan melakukan studi banding ke Universitas Brawijaya Malang. Setelah revisi dilakukan maka kurikulum diworkshop-kan dengan mengundang para stakeholder yangterdiri dari birokrat, pengguna, dosen, alumni, dan mahasiswa untuk mendapatkan masukan dalam penyempurnaan kurikulum. Dalam pemberlakuan kurikulum baru ini diperlukan dukungan operasional berupa Rencana Pembelajaran Semester untuk seluruh matakuliah  dan tentunya sarana dan prasarana pembelajaranyang memadahi dan dosen yang berkompeten. Sebagai dasar untuk melaksanakan kurikulum baru  Prodi Ilmu administrasi Negara maka ditetapkan dengan Surat Keputusan Dekan FISIP UNTAN Nomor : 8870/UN22.5/KR/2016.

2.Visi dan Misi

Visi dan misi Prodi Ilmu Administrasi Negara menunjang Visi dan Misi Fisip serta Visi dan Misi Universitas Tanjungpura Pontianak.

 

Visi pendidikan:

Pada tahun 2020 Prodi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dsan Ilmu Politik menjadi pusat informasi di bidang Sosial Politik dan Budaya di Kalimantan Barat serta menyiapkan lulusan yang memiliki Kompetensi, bermoral dan Mampu Berkompetisi ditingkat Loka, regional, Nasional dan Internasional.

Misi pendidikan:

Prodi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura Pontianak sebagai pusat informasi dibidang sosial politik dan budaya yang dapat menjadi sumber data sebagai pedoman penyususnan kebijakan pembanguanan Kalimantan Barat melalui kegiatan :

  1. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui kegiatan pendididkan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Sebagai institusi yang peka terhadap perubahan dan perkembangan yang terjadi di masyarakat dan IPTEK, serta mampu merespon perubahan dalam mempersiapkan lulusan atau sarjana yang memeiliki kompetensi di bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta mampu berkompetensi dalam dunia kerja.

3. Tujuan Pendidikan 

 

Kegiatan pendidikan di Prodi ilmu Administrasi Negara Fakultas ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura bertujuan untuk menghasilkan lulusan Sarjana Ilmu sosial dan Ilmu Politik yang memiliki :

  1. Kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan ketrampilan dibidang ilmu sosial dan politik.
  2. Kemampuan memahami, menganalisis dan menyediakan alternatif pemecahan masalah-masalah sosial dan politik.
  3. Kemampuan bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri dan berkarya untuk kepentingan umum sesuai dengan kompetensinya.
  4. Kemampuan menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu dan teknologi sesuai bidang kompetensinya.

4.Profil Lulusan Program Studi

 

  1. Administrator publik atau manajer tingkat pertama pada instansi pemerintah atau organisasi nirlaba lainnya.
  2. Birokrat pada tingkat operasional yang mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelesaian tugas dan masalah
  3. Analis kebijakan yang mampu memberi masukan dalam pembuatan keputusan strategis
  4. Pengelola kegiatan lapangan di sektor publik yang sadar dengan nilai-nilai publik

5. Kompetensi Lulusan 

 

Kompetensi Prodi Ilmu Administrasi Negara mengacu pada Capaian Pembelajaran (CP) Prodi Iimu Administrasi Negara sesuai Asosiasi Ilmu Administrasi Publik Indonesia (IAPA, Indonesia Associataion Public Administration) dengan 4 tujuan terkait sikap, penguasaaan penegtahuan, ketrampilan khusus dan ketrampilan umum.

CP terkait Sikap :

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  4. Berperan serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu keidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradapan berdasarkan Pancasila;
  7. Bekerja ssama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

 

CP terkait Penguasaan Pengetahuan ;

 

  1. Menguasai konsep teoritis dasar administrasi publik, yang meliputi organisasi dan organisasi danmanajemen sektorpublik kebijakan publik,pelayanan publik,etika dan integritas;
  2. Menguasaikaidahdanprinsip-prinsipreformasi administrasi dantatakelola pemerintahan danpelayanan publikyang baik;
  3. Menguasai  dimensi-dimensi dalam administrasi publik, seperti:  sumber  daya manusiasektor  publik, keuangan negara, dan teknologi ;
  4. Menguasai  metode  penelitian baik pada lingkup kualitatifdan kuantitatifseperti survei, penelitian lapangan,studi kasus, studi dokumen, dan penelitian kebijakan.

CP terkait Keterampilan Khusus :

  1. Mampu menidentifikasi masalah di sektor publik berdasarkan teori-teori dalam administrasi publik;
  2. Mampu menganalisis dan mengevaluasi kebijakan publik, organisasi dan manajemen publik, dan pelayanan publik, dalam rangka penyelesaian masalah publik;
  3. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menyelesaikan permasalahan dalam administrasi publik;

CP terkait Keterampiran Umum :

  1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks penembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi;
  4. Menyusun deskripsi saintiik hasil kajian dalam bentuk skrisi atau laporan tugas akhri, dan mengunggahnya dalam laman perguran tinggi;
  5. Mampu memelihara dan mengembangkkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat abik di dalam maupun di luar lembaganya;
  6. Mengambil keputusan secara tepat daslam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhaap informasi dan data;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pecapaian hasil kerja kelompok dan melakukan sepervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadp kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

6. Struktur dan Matriks Kurikulum

 

STRUKTUR KURIKULUM  PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA 2017

A.   KURIKULUM  INTI :  45  SKS
No KODE MK MATA KULIAH SKS GNP/GZL Prasyarat
SPA 101 Pengantar Ilmu Adm. Publik 3 GZL
SPO 106 Azas-azas Manajemen 3 GNP
SPA 205 Teori  Organisasi   3 GZL
SPA 207 Sistem Informasi Manajemen 3 GZL
SPA 319 Kepemimpinan 3 GZL
SP0 210 Administrasi Pembangunan 3 GZL
SPA 208 Kebijakan Publik 3 GNP
SPA 210 Manajemen SDM Sektor Publik 3 GNP SPO 106
SPA 327 Pelayanan Publik 3 GNP  
SPA 326 Met. Penel. Ilmu  Adm. Publik 3 GNP SPO 209
SPA 317 Etika Administrasi Publik 3 GZL  
SPA 219 Sistem Adm. Negara Indonesia 3 GZL  
SPA 206 Birokrasi 3 GZL  
SPO 104 Hukum Administrasi Negara 3 GZL
SPO 211 Pengambilan Keputusan 3 GNP
                                  Jumlah 45

 

KURIKULUM INSTITUSIONAL :   84 SKS

No. KODE MK MATA KULIAH SKS GNP/

GZL

Prasyarat
MKWU 1 Pendidikan Agama 3 GNP
MKWU 2 Pancasila 2 GZL
MKWU 3 Kewarganegaraan 2 GNP
MKWU 4 Bahasa Indonesia 2 GNP
UMG 160 Bahasa Inggris 3 GNP
SPO 101 Pengantar Sosiologi 3 GZL
SPO 102 Pengantar Ilmu Politik 3 GZL
SPO 209 Metodologi Penelitian Ilmu AN 3 GZL
UMG 104 Sejarah Sosial Politik Indonesia 3 GZL
SPA 209 Adm. Pemerintahan Daerah 3 GNP
SPA 212 Adm. Keuangan Negara 3 GNP
SPA 318 Perbandingan Adm. Negara 3 GZL
SPA 316 Perilaku dan Pengembangan Organisasi 3 GZL
SPA 211 Teori dan Isu Pembangunan 3 GNP SPO 210
SPA 213 Public Relation 3 GNP
SPA316 Statistik Sosial 3 GZL
SPA 203 Teori Administrasi Publik 3 GZL SPA 101
SPA 328 Kewirausahaan 3 GNP
SPA 214 Teori & Praktek Governance 3 GNP
SPO 107 Sistem Ekonomi Indonesia 3 GZL
SPA 102 Dasar-dasar Teknologi Informasi 3 GNP
SPO 314 Filsafat Ilmu 3 GNP
SPO 101 Pengantar Sosiologi 3 GNP
UMG 104 Pendidikan Anti Korupsi 3 GZL
SPO 105 Reformasi Administrasi Publik 3 GNP
SPO 415 Seminar 2 GZL/GNP
SPO 312 Magang 3 GZL/GNP
SPO 416 KKM 2 GZL/GNP
SPO 417 Skripsi 4 GZL/GNP
                                           Jumlah 84

 

MATA KULIAH PILIHAN KAJIAN : 18 sks

No KEBIJAKAN PUBLIK     Prasyarat
 1 SPA 320 Studi Formulasi Kebijakan Publik 3 GZL SPA 208
2 SPA 436 Analisis Kebijakan Publik 3 GNP SPA 208
 3 SPA 329 Studi Implementasi Kebijakan Publik 3 GNP SPA 208
 4 SPA 435 Studi Evaluasi Kebijakan Publik 3 GZL SPA 208
 5 SPA 321 Isu Dan Kebijakan Otonami Daerah 3 GZL SPA 208
 6 SPA 330 Kebijakan Kependudukan 3 GNP SPA 208
7 SPA 441 Kebijakan Kawasan Perbatasan dan Kabupaten Konservasi 3 GZL SPA 208
B. MANAJEMEN PUBLIK      
 1 SPA 322 Manajemen Kehumasan 3 GZL SPO 106
 2 SPA 323 Manajemen Krisis dan Bencana 3 GZL SPO 106
 3 SPA 331 Manajemen Konflik 3 GNP SPO 106
 4 SPA 332 Manajemen Lingkungan 3 GNP SPO 106
 5 SPA 437 Manajemen Pariwisata 3 GZL SPO 106
 6 SPA 438 Manajemen Transportasi, 3 GZL SPO 106
7 SPA 441 Manajemen Strategis Organisasi Publik 3 GZL
C. ADMINISTRASI PEMBANGUNAN      
 1 SPA 324 Ekonomi Politik Pembangunan 3 GZL SPO 210
 3 SPA 333 Evaluasi & Pengawasan Pembangunan 3 GNP SPO 210
 4 SPA 334 Pembangunan Kelembagaan 3 GNP SPO 210
 5 SPA 439 Pembangunan Pariwisata 3 GZL SPO 210
 6 SPA 440 Pembangunan Industri 3 GZL SPO 210
7 SPA 325 Pembangunan Kawasan Perbatasan 3 GNP
8 SPA 443 Analisis dan Potensi Wilayah 3 GZL
JUMLAH 18

 

JUMLAH KESELURUHAN SKS MATA KULIAH : 147 SKS

DISTRIBUSI MATAKULIAH PER SEMESTER

SEMESTER  I

NO MATA KULIAH SKS KODE MK Prasyarat
1 Pancasila 2 MKWU 2  
2 Pengantar Tata Hukum Indonesia 3 SPA 103  
3 Pengantar Ilmu Politik 3 SPO 102  
4 Sejarah Sosial Politik Indonesia 3 SPO 103  
5 Pengantar Ilmu Adm. Publik 3 SPA 101  
6 Hukum  Administrasi Negara 3 SPA104  
  JUMLAH 17    

 

SEMESTER  II

NO MATA KULIAH SKS KODE MK Prasyarat
1 Pendidikan Agama 3 MKWU 1  
2 Kewarganegaraan 2 MKWU 3
3 Pengantar Sosiologi 3 SPO 101  
4 Azas- azas Manajemen 3 SPA 106  
5 Bahasa Indonesia 2 MKWU 4  
6 Bahasa Inggris 3 UMG 106  
7 Dasar – dasar Teknologi Informasi 3 SPA  102  
8 Sistem  Ekonomi Indonesia 3 SPA  107  
JUMLAH 22    

 

SEMESTER  III

NO MATA KULIAH SKS KODE MK Prasyarat
1 Teori Administrasi Publik 3 SPA 203 SPA 101
2 Reformasi Administrasi Publik 3 SPO 208  
3 Sistem Adm. Negara Indonesia 3 SPA 219  
4 Statistik Sosial 3 SPA 316  
5 Birokrasi 3 SPA 206  
6 Sistem Informasi Manajemen 3 SPA 207  
7 Administrasi Pembangunan 3 SPO 210  
8 Teori Organisasi 3 SPA 105
JUMLAH 24    

 

SEMESTER    IV

NO MATA KULIAH SKS KODE MK Prasyarat
1 Kebijakan Publik 3 SPA 208
2 Administrasi Pemerintahan Daerah 3 SPA 209
3 Manajemen SDM Sektor Publik 3 SPA 210 SPO 106
4 Teori dan Isu  Pembangunan 3 SPA 211
5 Adm.Keuangan Negara 3 SPA 212
6 Pengambilan Keputusan 3 SPO 211
7 Public Relation 3 SPA 213
8 Teori dan Praktek Governance 3 SPA 214
  JUMLAH 24

SEMESTER   V

NO MATA KULIAH SKS KODE MK Prasyarat
1 Metode Penelitian Sosial 3 SPO 209  
2 Perilaku dan Pengembangan Organisasi 3 SPA 316  
3 Etika Adm. Publik 3 SPA 317  
4 Perbandingan Adm. Negara 3 SPA 318  
5 Praktikum I 2 SPO 312 SPO 209
6 Kepemimpinan 3 SPA 319 SPA 113
  PILIHAN KAJIAN  
  A. KEBIJAKAN PUBLIK      
7 Studi Formulasi Kebijakan Publik 3 SPA 320 SPA 208
8 Isu dan Kebijakan Otonomi Daerah 3 SPA 321 SPA 208
  B. MANAJEMEN PUBLIK      
7 Manajeman Kehumasan 3 SPA 322 SPO 106
8 Manajemen Krisis dan Bencana 3 SPA 323 SPO  106
  C. ADMINISTRASI PEMBANGUNAN      
7 Ekonomi Politik Pembangunan 3 SPA 324 SPO 210
8 Evaluasi & Pengawasan Pembangunan 3 SPA  325 SPO 210
JUMLAH 23    

 

SEMESTER  VI

NO MATA KULIAH SKS KODE MK PRASYARAT
1 Metode  Penelitian Ilmu Administrasi  Publik 3 SPA 326 SPO 209
2 Magang / Praktikum II 2 SPO 313 SPO 312
3 Filsafat Ilmu 3 SPO 314
4 Pelayanan Publik 3 SPA 327
5 Kewirausahaan 3 SPA 328
6 Pendidikan Anti Korupsi 3 SPA 315
PILIHAN
A. KEBIJAKAN PUBLIK
6 Analisis Kebijakan Publik 3 SPA 330 SPA 208
7 Studi Implementasi Kebijakan Publik 3 SPA 329 SPA 208
B. MANAJEMEN PUBLIK
6 Manajemen Konflik 3 SPA 331 SPO 106
7 Manajemen Lingkungan 3 SPA 332 SPO 106
C. ADMINISTRASI PEMBANGUNAN
6 Pembangunan Kawasan Perbatasan 3 SPA 333 SPO 210
7 Pembangunan Kelembagaan 3 SPA 334 SPO 210
JUMLAH 23

SEMESTER   VII

NO MATA KULIAH SKS KODE MK PRASYARAT
1 Seminar Rancangan Penelitian 2 SP0 415 SPA 326
2 Kuliah Kerja Mahasiswa 2 SPO 416 110 SKS, SPO 312 dan SPO 313
3 Skripsi 4 SPO 417
A. KEBIJAKAN PUBLIK (PILIHAN)
4 Studi Evaluasi Kebijakan Publik 3 SPA 435 SPA 208
5 Kebijakan Kawasan Perbatasan dan

Kabupaten Konservasi

3 SPA 436 SPA 208
6 Kebijakan Kependudukan 3 SPA 330
B. MANAJEMEN PUBLIK (PILIHAN)
4 Manajemen Pariwisata 3 SPA 437 SPO 106
5 Manajemen Transportasi 3 SP4 438 SPO 106
6 Manajemen Strategis Organisasi Publik 3 SPA 441
C. ADMINISTRASI PEMBANGUNAN (PILIHAN)
4 Pembangunan Pariwisata 3 SPA 439 SPA 210
5 Analisis dan Potensi Wilayah 3 SP4 440 SPA 210
6 Pembangunan Industri 3 SPA 442
JUMLAH 14    

 

KETERANGAN

Jumlah SKS yang  diambil minimal 147 SKS, terdiri dari :

  1. Mata Kuliah Inti = 45  SKS
  2. Mata Kuliah Institusional = 84  SKS
  3. Mata Kuliah Pilihan = 18  SKS

 

  1. MATRIKSMATA KULIAH PER SEMESTER SESUAI CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)

 

SEMESTER  I

NO MATA KULIAH Capaian Pemebelajaran (CP)
Sikap Pengetahuan Ketrampilan

Khusus

Ketrampilan

Umum

1 Pancasila V V
2 Pengantar Sosiologi V
3 Pengantar Ilmu Politik V
4 Sejarah Sosial Politik Indonesia V
5 Pengantar Ilmu Adm. Publik V
6 Hukum  Administrasi Negara V V

 

SEMESTER  II

NO MATA KULIAH Capaian Pemebelajaran (CP)
Sikap Pengetahuan Ketrampilan

Khusus

Ketrampilan

Umum

1 Pendidikan Agama V
2 Pendidikan Kewarganegaraan v v
3 Pendidikan Anti Korupsi V
4 Azas- azas Manajemen V
5 Bahasa Indonesia V V
6 Bahasa Inggris V V
7 Dasar – dasar Teknologi Informasi V V
8 Sistem  Ekonomi Indonesia V

 

SEMESTER  III

NO MATA KULIAH Capaian Pemebelajaran (CP)
Sikap Pengetahuan Ketrampilan

Khusus

Ketrampilan

Umum

1 Teori Administrasi Publik V
2 Reformasi Administrasi V
3 Sistem Adm. Negara Indonesia V
4 Teori Organisasi V V
5 Statistik Sosial V V
6 Birokrasi V V
7 Sistem Informasi Manajemen V V
8 Administrasi Pembangunan   V

 

SEMESTER    IV

NO MATA KULIAH Capaian Pemebelajaran (CP)
Sikap Pengetahuan Ketrampilan

Khusus

Ketrampilan

Umum

1 Kebijakan Publik V V
2 Administrasi Pemerintahan daerah V V
3 Manajemen SDM Sektor Publik V
4 Teori dan Isu  Pembangunan V V
5 Adm.Keuangan Negara V V
6 Pengambilan Keputusan V V
7 Public Relation V V
8 Teori dan Praktek Governance V V

 

SEMESTER   V

NO MATA KULIAH Capaian Pemebelajaran (CP)
Sikap Pengetahuan Ketrampilan

Khusus

Ketrampilan

Umum

1 Metode penelitian sosial V
2 Perilaku dan Pengembangan Organisasi V V
3 Etika Adm. Publik V V
4 Perbandingan Adm. Negara V V
5 Praktikum I V V
6 Kepemimpinan V V
  PILIHAN KAJIAN
  A. KEBIJAKAN PUBLIK
7 Studi Formulasi Kebijakan Publik V V
8 Isu dan Kebijakan Otonomi Daerah V V
  B. MANAJEMEN PUBLIK
7 Manajeman Kehumasan V V
8 Manajemen Krisis dan Bencana V V
  C. ADMINISTRASI PEMBANGUNAN
7 Ekonomi Politik Pembangunan V V
8 Evaluasi & Pengawasan Pembangunan V V

 

SEMESTER  VI

NO MATA KULIAH Capaian Pemebelajaran (CP)
Sikap Pengetahuan Ketrampilan

Khusus

Ketrampilan

Umum

1 Metode  Penelitian Ilmu Administrasi  

Publik

V V
2 Praktikum II V V
3 Filsafat Ilmu V V
4 Pelayanan Publik V V V
5 Kewirausahaan
PILIHAN KAJIAN
A. KEBIJAKAN PUBLIK V
6 Analisis Kebijakan Publik V V
7 Studi Implementasi Kebijakan Publik
B. MANAJEMEN PUBLIK
6 Manajemen Konflik V V
7 Manajemen Lingkungan V V
C. ADMINISTRASI PEMBANGUNAN
6 Pembangunan Kawasan Perbatasan V V
7 Pembangunan Kelembagaan V V

 

SEMESTER   VII

NO MATA KULIAH Capaian Pemebelajaran (CP)
Sikap Pengetahuan Ketrampilan

Khusus

Ketrampilan

Umum

1 Seminar Rancangan Penelitian V
2 Kuliah Kerja Mahasiswa V V
3 Skripsi V
KAJIAN PILIHAN
A. KEBIJAKAN PUBLIK (PILIHAN)
4 Studi Evaluasi Kebijakan Publik V V
5 Kebijakan Kawasan Perbatasan dan

Kabupaten Konservasi

V V
6 Kebijakan Kependudukan
B. MANAJEMEN PUBLIK (PILIHAN)
4 Manajemen Pariwisata V V
5 Manajemen Transportasi V V
6 Manajemen Strategis Organisasi Publik V V
  • ADMINISTRASI PEMBANGUNAN
  • (PILIHAN)
4 Pembangunan Pariwisata V V
5 Analisis dan Potensi Wilayah V V
6 Pembangunan Industri V V

 

KETERANGAN

Jumlah SKS yang  diambil minimal 150 SKS, terdiri dari :

  1. Mata Kuliah Inti = 45  SKS
  2. Mata Kuliah Institusional = 87  SKS
  3. Mata Kuliah Pilihan = 18  SKS

 

  • Evaluasi Kurikulum.

Evaluasi kurikulum ini akan dilakukan dalam jangka waktu 5 tahun, sejak diberlakukanya kurikulum ini, guna menyesuaikan perubahan dan tuntutan perkembangan jaman.

 

8. Dukungan untuk Mahasiswa dan Proses Pembelajaran

Bimbingan akademik:

  1. a) Dosen Pembimbing Akademik melayani konsultasi Lembar Isian Rencana Studi;
  2. b) Jumlah Sistem Kredit Semester (SKS) yang diambil oleh mahasiswa sesuai dengan bobot SKS, praktikum pada bengkel komunitas, laboratorium akademik, serta bimbingan penyelesaian tugas akhir;
  3. c) Menyediakan sumber belajar, perpustakaan, laboratorium, dan kerjasama dengan stakeholder

 

  1. Kriteria Pendaftaran Masuk Prodi Ilmu Administrasi Negara  melalui :
  2. a) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNPTN)
  3. b) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
  4. c) Seleksi Mandiri

 

9. Metode Evaluasi dan Peningkatan Kualitas dan Standar Proses Pembelajaran

Metode evaluasi dan proses pembelajaran dilaksanakan oleh dosen per mata kuliah dengan metode pembelajaran inovatif. Misalnya, presentasi kelompok dan individu; metode pembelajaran berbasis proyek; quiz ; ujian tengah semester; ujian akhir semester; serta focus group discussion (FGD). Pengembangan mengajar staf dosen dengan cara memotivasi dan memberi peluang untuk mengikuti: workshop, seminar, dan detasering. Penjaminan mutu akademik internal dilakukan oleh staf yang ditunjuk oleh Badan Penjaminan Mutu Universitas.

 

10. Kriteria Kelulusan dan Metode Penilaian

Kriteria kelulusan mahasiswa program sarjana S1 Program studi Ilmu Administrasi Negagara ditentukan oleh jumlah minimum SKS beban studi yang harus diselesaikan oleh seorang mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjana ilmu administrasi negara adalah minimal 150SKS dengan Indeks Prestasi Kumulatif minimum 2,75.

Adapun metode penilaian kemampuan akademik suatu mata kuliah dilakukan melalui Tugas Terstruktur, Kuis, Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS) dan penilaian dari dosen pengampu sesuai dengan kontrak perkuliahan. Kegiatan terstruktur dalam kegiatan penilaian kemampuan akademik satu mata kuliah pada satu semester dilaksanakan sekurang-kurangnya dua kali dalam setiap semester.  Adapun Ujian Tengah dan Akhir Semester dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dalam kalender akademik. Nilai akhir ditentukan berdasarkan dari hasil akumulasi dan perhitungan dari tugas-tugas terstruktur, Kuis, UTS, UAS dengan pembobotan tertentu sesuai dengan kontrak perkuliahan.

11. Dukungan Tenaga  Dosen Tetap

NO NAMA DOSEN NIP Bidang Keahlian
1 Dr. Hj. Hardilina, M.Si 19590614 1985032001 Doktor Ilmu Administrasi
2 Dr. Sugito, M.Si 195505161986031004 Doktor Ilmu Administrasi
3 Dr.  Hj.  Sri Haryaningsih, M.Si 195709101987032002 Doktor Ilmu Administrasi
4 Dr.  Lina  Sunyata, MS 196111111987032002 Doktor Ilmu Administrasi
5 Drs. Sukamto, M.Si 196010081987031002 Doktor Ilmu Administrasi
6 Dr. Rusdiono, M.Si 196403171988101001 Doktor Ilmu Administrasi
7 Dr. Sri Maryuni, M.Si 196503021990022001 Doktor Ilmu Administrasi
8 Dr. Azrita Mardhalena, M.Si 196103031987102001 Doktor Ilmu Administrasi
9 Drs. H.W. Mansor Andi Mulia, MTP 196305231989031002 Magister Tata Perencanaan
10 Dr. Isdairi, M.AB 196402181990021001 Doktor Ilmu Administrasi
11 Drs.  H. Djoko Suhartono, MM 195308291985031002 Magister   Manajemen
12 R. L.  Sitorus, SE, M.Si 195410151986031002 Magister Ilmu Administrasi
13 Dr. Arifin, S.Sos, M.AB 19710502 1997021002 Doktor Ilmu Administrasi
14 Dr. Pardi, M.AB 197209052002121003 Doktor Ilmu Administrasi
15 Martinus, S.Sos, M.Si 197212272006041002 Magister Ilmu Administrasi
16 Dhidik Apriyanto, SE, M.Si 197604052006041001 Magister Ilmu Administrasi