Kompetensi Kearsipan (old)

Kompetensi Dasar

  1. Menguasai prinsip, konsep dan teori etika profesi dan budaya pelayanan prima
  2. Menguasai prinsip, konsep dan teori manajemen perkantoran dan SDM; 
  3. Menguasai prinsip, konsep, teori dan analisa bidang kearsipan secara umum; 
  4. Menguasai prinsip, konsep, teori, norma, standar, prosedur dan kriteria bidang kearsipan;
  5. Menguasai prinsip, konsep, teori dan analisa pengelolaan arsip secara umum; 
  6. Menguasai prinsip, konsep dan teori bahasa Inggris untuk penulisan di bidang kearsipan;
  7. Menguasai prinsip, konsep dan teori pengelolaan arsip dinamis; 
  8. Menguasai prinsip, konsep dan teori pengelolaan arsip statis;
  9. Menguasai prinsip, konsep dan teori manajemen pusat arsip;
  10. Menguasai prinsip, konsep dan teori tentang layanan kearsipan;
  11. Menguasai prinsip, konsep dan teori tentang preservasi dan konservasi arsip;
  12. Menguasai prinsip, konsep, teori, norma, standar, prosedur dan kriteria pengelolaan arsip elektronik;
  13. Menguasai prinsip, konsep dan teori sistem informasi kearsipan;
  14. Menguasai prinsip, konsep dan teori kewirausahaan.

Kompetensi Khusus

  1. Mampu menerapkan norma, standar, prosedur dan kriteria dalam tata persuratan di perkantoran;
  2. Mampu membuat surat dinas sesuai dengan peraturan yang berlaku;
  3. Mampu melakukan pengurusan surat masuk dan surat keluar sesuai dengan prosedur yang berlaku;
  4. Mampu membuat estimasi jumlah arsip yang tercipta dalam rangka perencanaan, pengelolaan, penyimpanan dan pemeliharaan arsip organisasi 
  5. Mampu mengumpulkan data terkait tugas pokok dan fungsi organisasi dalam menyusun tata naskah dinas; 
  6. Mampu mengumpulkan bahan dan referensi terkait dengan penyusunan skema klasifikasi arsip; 
  7. Mampu menerapkan skema klasifikasi dalam pengelolaan arsip dinamis; 
  8. Mampu membuat skema klasifikasi arsip yang sederhana; 
  9. Mampu menerapkan sistem pemberkasan (filing system); 
  10. Mampu melakukan pelayanan dan pemeliharaan arsip dinamis;
  11. Mampu menggunakan out indikator sebagai sarana pengganti arsip yang dipinjam; 
  12. Mampu membuat laporan pelayanan dan peminjaman arsip dinamis;
  13. Mampu membuat formulir peminjaman arsip; 
  14. Mampu membuat tunjuk silang (cross reference) 
  15. Mampu mengidentifikasi dan menerapkan retensi arsip; 
  16. Mampu membuat skema pengaturan arsip berdasarkan prinsip asal usul arsip, prinsip aturan asli; 
  17. Mampu melakukan pemilahan arsip berdasarkan unit kerja pencipta arsip; 
  18. Mampu membuat deskripsi arsip; 
  19. Mampu membuat daftar arsip aktif sesuai standar; 
  20. Mampu membuat indeks folder; 
  21. Mampu mengatur penempatan guide primer, sekunder dan tersier; 
  22. Mampu menata dan menyimpan folder secara berurutan sesuai guide yang tepat; 
  23. Mampu melakukan penataan arsip inaktif dengan peralatan yang sesuai;
  24. Mampu melakukan entri dan mengolah data menjadi berkas definitif; 
  25. Mampu membuat daftar arsip inaktif sesuai standar; 
  26. Mampu membuat label folder boks dan rak;
  27. Mampu membuat sarana temu kembali arsip dinamis; 
  28. Mampu membuat laporan pemberkasan arsip dinamis;
  29. Mampu membuat metadata arsip inaktif;
  30. Mampu melakukan survey arsip di unit-unit kerja pencipta arsip; 
  31. Mampu mengidentifikasi faktor-faktor perusak arsip dan memperbaikinya dengan preservasi sederhana;  
  32. Mampu melakukan laminasi dan enkapsulasi arsip; 
  33. Mampu mengoperasikan sistem informasi kearsipan; 
  34. Mampu membuat daftar arsip yang dipindahkan, dimusnahkan, dan diserahkan; 
  35. Mampu melakukan akuisisi arsip di lembaga informasi; 
  36. Mampu membuat berita acara serah terima arsip; 
  37. Mampu membuat laporan pelaksanaan serah terima arsip statis; 
  38. Mampu membuat daftar arsip statis;
  39. Mampu menerapkan pelayanan peminjaman arsip statis.

Kompetensi Pendukung

  1. Mampu menerapkan model-model manajemen kearsipan;
  2. Mampu menerapkan bahasa Indonesia dalam penulisan laporan yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  3. Mampu menerapkan etika profesi dalam melayani masyarakat;
  4. Mampu mengelola kerja-kerja perkantoran dan SDM;
  5. Mampu menerapkan pemikiran logis, nalar, akurat dan cermat terhadap suatu analisa permasalahan dan pemecahannya yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  6. Mampu menerapkan konsep dan teori kearsipan untuk pekerjaaan sesuai bidang keahliannya;
  7. Mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris untuk kepentingan bidang keahliannya; 
  8. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis data terkait dengan pengelolaan arsip;
  9. Mampu menerapkan prinsip, konsep, teori norma, standar, prosedur dan kriteria terkait dengan pengelolaan arsip;
  10. Mampu menyajikan data dan hasil analisis data dalam bentuk laporan;
  11. Mampu mengelola Sistem  Manajemen Kearsipan yang berlaku;  

Kompetensi Pilihan

  1. Mejaga Kebersihan Peralatan dan Tempat Kerja;
  2. Mengikuti Prosedur dan menjaga Keamanan K3 Perkantoran;
  3. Menangani Tindakan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan di Kantor;
  4. Meminimalisir Pencurian dan tindak kriminal di lingkungan kantor;
  5. Mengoperasikan Website official
  6. Mampu menerapkan prinsip, konsep, teori tentang kewirausahaan; 
  7. Mampu mengoperasikan aplikasi perkantoran untuk kepentingan bidang keahliannya