Audit Mutu Internal Prodi Kesekretariatan
Pontianak.D3FISIPUNTAN. Prodi kesekretariatan kali ini giliran dikunjungi tim auditor Audit Mutu Internal (AMI) dari Pusat Penjaminan Mutu Universitas Tanjungpura. Yoga Pramana, S.Kep., M.Or dan Asriah Nurdini, S.Si, PhD. Tim tiba dan disambut langsung oleh ketua prodi kesekretariatan Drs.Sugino, M.Si, ketua prodi Kearsipan Martinus, S.Sos, M.Si, dosen Rasidar, SE, M.Si dan Indah Sulisdiani, SH, M.Si di sekretariat Diploma FISIP Untan, pada Rabu (16/12) .
Tujuan Audit Mutu Internal
Kegiatan AMI yang rutin dilaksanakan setiap akhir tahun ini memiliki 4 tujuan yakni: 1) Memastikan kesesuaian arah dan pelaksanaan penjaminan mutu Fakultas terhadap Dokumen Mutu Universitas dan Dokumen Akademik Fakultas; |
2) Memetakan kesiapan Fakultas dalam melaksanakan program akreditasi |
3) Memastikan kelancaran pelaksanaan pengelolaan Fakultas/PS |
4) Memetakan peluang peningkatan mutu Fakultas/PS |
Terkait tujuan tersebut, prodi D3 telah mempersiapkan dokumen Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang disematkan pada web official prodi pada link https://d3.fisip.untan.ac.id/dokumen-akademik/.
SPMI dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi
Adanya dokumen SPMI ini penting untuk mengarahkan seluruh aktivitas pengelolaan prodi sesuai acuan yang ada untuk kemudian diselelaraskan dengan Permendikbud nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. baca peraturan klik disini
Kegiatan AMI di Prodi Kesekretariatan ini berlangsung sejak pukul 10.00-13.00, diawali pembukaan oleh Drs. Sugino, M.Si selaku Kaprodi, Penjelasan oleh tim AMI mengenai apa yang akan dilakukan, Wawancara dan pengecekan dokumen, Pembacaan hasil AMI dan penandatanganan dokumen laporan AMI dan berita acara.
Proses AMI di prodi kesekretariatan berjalan lancar berkat kerjasama tim didukung pemanfaatan teknologi website, dimana dokumen-dokumen pendukung AMI dan informasi terkait lainnya sudah dimuat dan dapat diakses pada laman https://d3.fisip.untan.ac.id.
Hasil dan Rekomendasi
Beberapa temuan penting ditindaklanjuti diantaranya terkait pelatihan berbagai keterampilan untuk tendik yang dibuktikan dengan sertifikat, rapat prodi terkait penyampaian jadwal, RPS, jadwal dan kegiatan seminar ilmiah prodi, monev dan analisis proses pembelajaran, detail roadmap penelitian/PKM khusus prodi, ikatan alumni prodi perlu diformalkan, peningkatan soft skill mahasiswa diluar kegiatan akademik, RPS berbasis kasus.
Ujung dari pada itu, dinyatakan bahwa prodi telah memiliki kelengkapan dokumen yang memadai dan telah sesuai standar. Prodi sudah memiliki SDM dan material kuliah yang memadai serta visi yang baik oleh kaprodi yang baru dengan peluang peningkatan membuat dokumentasi visi misi dan perangkat pembelajaran (RPS) yang terdokumentasi dengan lengkap dan update; melakukan monev secara tersistem.
Selain itu mahasiswa telah memiliki HIMA dan memiliki pelatihan soft skill mahasiswa oleh dosen dengan peluang peningkatan pembuatan IKA dan kegiatan soft skill mahasiswa secara tersistem.
Berangkat dari temuan dan catatan AMI ini kedepan semoga prodi kesekretariatan lebih baik dan semakin maju.